Rabu, 23 Juli 2008

macam-macam pengertian

akar tunggang : akar utama yang paling panjang dan besar pada tumbuhan monokotil/berbiji tunggal (mis. jagung)

fotosintesis : kegiatan memasak makanannya sendiri yang dilakukan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari dan klorofil untuk menghasilkan oksigen

stomata : mulut2 kecil pada daun tumbuhan yang berfungsi untuk mengambil zat asam arang/karbon dioksida yang ada diudara untuk digunakan sebagai bahan fotosintesis/fotosintesa

xilem : jaringan pada batang tumbuhan yang berfungsi untuk mengangkut zat hara dari akar ke daun untuk dimasak

floem : jaringan pada batang tumbuhan yang berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan

kelenjar : organ tubuh yang mensintesa suatu zat untuk dikeluarkan, misalnya hormon, biasanya ke dalam aliran darah (kelanjar endokrin) atau ke ruang-ruang dalam tubuh atau permukaan luar tubuh (kelenjar eksokrin).

metabolisme : sistem kerja organ2 tubuh

monosakarida : merupakan karbohidrat dalam bentuk gula sederhana. Sebagaimana disakarida, monosakarida berasa manis, larut air, dan bersifat kristalin.

polisakarida : Pati atau amilum, adalah karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, berwujud bubuk putih, tawar dan tidak berbau. Pati merupakan bahan utama yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk menyimpan kelebihan glukosa (sebagai produk fotosintesis) dalam jangka panjang. Hewan dan manusia juga menjadikan pati sebagai sumber energi yang penting.

ATP : suatu nukleotida yang dalam biokimia dikenal sebagai "satuan molekular" pertukaran energi intraselular; artinya, ATP dapat digunakan untuk menyimpan dan mentranspor energi kimia dalam sel. ATP juga berperan penting dalam sintesis asam nukleat. Molekul ATP juga digunakan untuk menyimpan energi yang dihasilkan tumbuhan dalam respirasi selular.

glukosa : zat gula, gula utama dalam darah dan bahan bakar dasar bagi tubuh, esensial untuk berfungsinya seluruh sel, terutama sel-sel otak.

fruktosa : gula yang terkandung didalam buah-buahan, madu dan jagung, yang banyak digunakan untuk proses campuran rasa manis pada makanan.

sukrosa : gula utama dalam buah, seperti dalam buah blewah, jeruk, kismis, mangga, melon, nanas, pisang, dan semangka

difusi : peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Contoh yang sederhana adalah pemberian gula pada cairan teh tawar. Lambat laun cairan menjadi manis. Contoh lain adalah uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara.

glikogen : merupakan simpanan karbohidrat dalam bentuk glukosa di dalam tubuh yang berfungsi sebagai salah satu sumber energi. Terbentuk dari mokekul glukosa yang saling mengikat dan membentuk molekul yang lebih kompleks, simpanan glikogen memilik fungsi sebagai sumber energi tidak hanya bagi kerja otot namun juga merupakan sumber energi bagi sistem pusat syaraf dan otak.

osmosis : perpindahan air melalui membran permeabel selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut, tapi tidak oleh zat terlarut, yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran

auksin : salah satu jenis hormon yang mempengaruhi perpanjangan/pertumbuhan akar

eksperimen : percobaan

respirasi : pernapasan, proses bernapas

evaporasi : penguapan yang berasal dari tanah

habitat : tempat tinggal makhluk hidup

konjugasi : perkawinan antara 2 sel yang tidak diketahui yang mana jantan dan betinanya

Tidak ada komentar: